Cara Halus Agar Anak Anda Tidak Masuk Dunia Internet Negatif

Saat ini, dengan bekebangnya teknologi yang sangat pesar, membuat orang tua khawatir terhadap anak mereka yang sudah mereka izinkan untuk berinternet. Kekhawatiran orangtua bukan tanpa alasan mengingat saat ini banyak sekali anak-anak yang terjerumus kedunia internet hitam yang berefek langsung pada perubahan sikap dan sifat mereka.

Karena itu semua, saat ini banyak orangtua yang akhirya terlalu berlebihan untuk menghindarkan anak kepada internet negatif. Padahal hal ini hanya akan membuat anak anda merasa selalu diawasi dan terkekang ketika bermain internet. 
Cara menghindarkan anak dari dunia hitam internet yang berlebihan sangat tidak dibenarkan, ada cara lain yang bisa anda tempuh jika ingin membuat anak anda terhindar dari internet negatif, apa saja?
Tips Agar Anak Anda Tidak Masuk Dunia Internet Negatif
Source: Google Images

1. Kenalkan Kata " Tips " Saat Mencari Apapun Di Internet

"Tips" merupakan satu kata sederhana yang memiliki banyak kelebihan. Dengan membiasakan anak anda dengan menambahkan kata tips di depan kata kunci yang ingin ia cari. Pertama dekatilah anak anda dan tanyakan apa yang ia sukai. Misalkan ia suka bermain gitar, pandu ia untuk mecari semua tips yang berkaitan dengan dunia alat musik petik ini, sebagai contoh " Tips menjadi gitaris handal". Ia akan membaca artikel tersebut dan secara tidak langsung mereka akan "suka" dengan kata "Tips" yang mereka anggap sangat bermanfaat. Dengan membiasaka anak anda mencari tips-tips di internet, tentu tidak serta merta membuat ia terpaku dengan kata kunci "tips" tetapi dengan membiasakan anak anda mencari informsi dengan kata kunci "tips" akan membuat ia sadar mencari informasi yang tidak bermanfaat tidak ada gunanya.

2. Buatlah Anak Anda Terinspirasi Dari Sang Idola ( Yang Baik Tentunya )

Pertama, anda harus tahu siapa sosok yang menjadi idoa anak anda. Kemudian setelah anda mengetahui sang idola anak anda. Carilah artikel ataupun video yang bisa memotivasi anak anda dari kisah hidup sang idola. Buat anak anda takjub akan kisah perjalanan hidup seseorang yang mereka kagumi. Hal ini akan lebih efektif jika anda juga bisa membimbing anak anda saat membaca artikel atau menonton video sang idola dengan seperti itu anak anda akan belajar tentang proses seseorang mejadi sukses yang tidak mudah dan akan memberi pelajaran tentang ketegaran mental.

3. Menambahkan kata " Bagaimana Cara " Saat mencari informasi

Seperti kata " Tips" kata " Bagaimana Cara " juga dapat membuat anak anda secara tidak langsung melupakan dunia negatif internet. Dengan mencari informasi "bagaimana cara" anak anda pasti juga akan mempraktekkan hal tersebut dapat membuat anak anda tidak manja dan melatih kemandirian. Sebagai contoh, biasanya anak anda jika ingin makan Ayam Goreng selalu membeli di rumah makan, tetapi jika kata " Bagaimana Cara" ini dikenalkan kepada anak anda, mereka akan mencoba membuat ayam goreng sendiri dan tidak lagi bergantung kepada orang lain.

4. Berbicara "Secara Langsung" Kepada Teman Media Sosial

Saat ini anak yang aktif di media sosial belum tentu aktif di dunia nyata. Mereka lebih aktif di dunia maya karena mereka bisa melakukan apa saja tanpa ada satu orang pun yang memperhatikannya saat berkomunikasi sehingga ia merasa senang, berbeda dengan dunia nyata yang mengharuskan ia bertatap muka langsung jika ingin berkomunikasi. Hal ini akan fatal jika orangtua membiarkan anaknya lebih aktif di maya dibandingkan dunia nyata karena hal tersebut akan membuat anak anda menjadi orang yang " Anti sosial " Takut dengan orang sekitar, malu berbicara dengan orang dan lebih senang menyendiri. 
Solusi yang efektif untuk anak yang lebih aktif di dunia sosial media adalah dengan mengharuskan anak anda bekomunikasi secara Langsung kepada teman dunia maya mereka, tidak harus lama tetapi komunikasi tersebut tidak disertai rasa saling minder sudah cukup agar anak anda belajar pentingnya berinteraksi langsung

5. Ajak Anak Anda Menonton Video Teka-Teki Di Internet

Dengan menonton video teka-teki, anak anda tidak hanya menonton tetapi juga berusaha memecahkan teka-teki yang ada pada video tersebut. biasanya video teka-teki dibuat menarik sehingga anak anda juga asti tidak mudah bosan. Setelah ia berhasil memecahkan masalah pada teka-teki tersebut, pasti ia akan menanyakan teka-teki tersebut kepada teman mereka dan interaksi pun akan terjalin.

6. Internet Untuk Hidup BUKAN Hidup Untuk Internet

Jika anda sudah memberikan akses internet kepada anak anda. Berikanlah ia suatu penjelansan yang akan membuat mereka memahami arti internet dengan benar. kata kata yang harus anda jelaskan pun sederhana "Internet Untuk Hidup BUKAN Hidup Untuk Internet" sehingga ia paham jika fungsi internet itu untuk membantu manusia, bukan membuang waktu yang dimiliki manusia untuk internet.


Cara halus di atas sangat efektif agar anak anda terhindar dari dunia internet negatif, Kesumpulan yang bisa diambil disini adalah orangtua memiliki peran vital untuk anak mereka agar tidak terjerumus. Untuk itu, jagalah anak anda, jangan biarkan anak anda masuk dunia yang tidak baik demi masa depan mereka.

Previous
Next Post »