6 Tips Menghindari Mata Lelah Saat Di Depan Komputer Terlalu Lama

Mata merupakan salah satu organ vital yang dimiliki oleh manusia. Karena sangat vital, jika organ satu ini rusak, akan berakibat buruk untuk orang yang mengalaminya. Untuk itu, kesehatan mata memang harus benar-benar diperhatikan. Kerusakan organ mata bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah karena betah berlama-lama di depan komputer tanpa beristirahat. 

Efek yang ditimbulkan pun beragam, mulai dari mata tidak bisa fokus hingga susah melihat. Tetapi efek yang akan anda rasakan secara langsung adalah mata akan terasa berat dan lelah. Jika hal ini dibiarkan terus benerus, bukan tidak mungkin hal yang lebih buruk akan terjadi kepada mata anda, untuk itu saya akan bagikan bagaimana cara membuat mata anda tidak mudah lelah saat di depan komputer dalam waktu yang lama. Apa saja? Mari kita simak.

1. Hindari Jarak Mata Dan Monitor Terlalu Dekat

Terlalu dekat jarak mata dengan monitor akan menyebabkan cahaya yang masuk ke mata anda semakin besar, akibatnya mata anda akan terasa berat dan lelah lebih cepat dibandingkan jika jarak mata dengan monitor tidak begitu dekat. Untuk itu aturlah jarak antara mata anda dengan monitor setidaknya 50 - 100 cm, sesiuakan dengan kenyamanan anda jarak semain jauh lebih baik.

Tips Menghindari Mata Lelah Saat Di Depan Komputer Terlalu Lama
Source: Google Images

2. Gunakan Monior LCD ( Lyquid Crystal Display )

Jika anda saat ini masih menggunakan monitor jenis CRT, saya sarankan anda untuk lebih berhati-hati karena jenis monitor ini mengeluarkan radiasi yang cukup besar untuk mata anda. Saya sarankan beralihlah ke monitor berjenis LCD karena radiasi yang ditimbulkan lebih kecil. Lebih mahal memang, tetapi kesehatan mata anda jauh lebih penting dibandingkan dengan uang. Untuk anda yang tidak memungkinkan beralih ke monitor LCD, komputer perusahaan misalnya, anda bisa memasang filter anti radiasi untuk monitor CRT anda agar radiasi yang ditimbulkan bisa diminimalisir.

3. Atur Kecerahan Layar

Semakin terang layar komputer yang anda gunakan, semakin besar pula kesempatan mata anda lelah. Mungkin ada yang beranggapan bahwa semakin terang layar komputer, semakin membuat mata mereka lebih mudah melihat apa yang ada di dalam komputer. Benar memang, tetapi untuk jangka waktu yang lama, hal ini akan merusak mata anda secara perlahan. Solusi untuk masalah ini adalah dengan meredupkan layar monitor anda, untuk anda pengguna sistem operasi Windows, masuklah ke Adjust Screen Brightness untuk mengatur kecerahan layar monitor.

4. Mengistirahatkan Mata Secara Berkala

Untuk anda yang mengharuskan bekerja di depan monitor hal ini sangat penting untuk dilakukan, dimana mata anda tidak akan beristirahat sebelum tugas anda terselesaikan. Untuk itu cobalah mengistirahatkan mata anda minimal 4 menit setiap jamnya agar mata anda tidak terlalu lelah.

5. Mengedipkan Mata

Banyak para pengguna komputer yang melupakan akan pentingnya berkdip saat menggunakan komputer. Mereka cenderung fokus dengan apa yang mereka lakukan di dengan komputer mereka. Padahal dengan berkedip, mata akan terlumasi dengan cairan mata yang dapat meringankan mata anda. Jadi, jangan luoa berkedip ya.

6. Lihat Ke Luar Ruangan

Biasakan diri anda untuk melihat keluar ruangan setidaknya minimal 1 jam sekali. Melihat objek di luar ruangan akan membuat mata anda akan kembali menyesuaikan jarak pandang anda. Terus menerus di depen komputer, jarak pandang anda akan terganggu karena anda cenderung melihat objek yang dekat saja. Lihatlah objek-objek yang bisa membuat mata anda kembali segar seperti dengan melihat pohon taupun bunga yang indah di luar ruangan.


Mata adalah karunia tuhan kepada kita, bersyukurlah jika anda masih bisa melihat, karena di luar sana masih banyak yang ingin melihat indahnya dunia. Untuk itu, jagalah mata dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga:

Previous
Next Post »