Apakah Ganti Template Dapat Membuat Pengunjung Blog Turun?

Blogging sangatlah menyenangkan, terutama jika pengunjung yang terus meningkat tajam. Untuk mencapai traffik pengunjung yang terus meningkat tidaklah mudah. Anda harus menoptimasi SEO, backlink, artikel berkualitas, serta template blog.

Banyak sekali perdebatan apakah Template Blog berpengaruh pada pengunjung? Disatu sisi banyak orang yang percaya, dan disisi lain juga ada banyak yang tidak percaya. Lalu, bagaimana dengan saya? Saya bukanlah orang yang ahli SEO, Backlink atau apapun, jawaban saya ini juga berdasarkan pengalaman selama saya mengelola blog ini. Dan jawaban saya adalah....

PERCAYA! Template Blog Berpengaruh Terhadap Pengunjung!

Sepeti yang saya jelaskan tadi, jawaban ini berdasarkan pengalaman, jadi memang pernah saya alami.Ada satu lagi perdebatan dikalangan blogger mengenai template ini.

Mengganti Template Blog Dapat Membuat Traffik Pengunjung Turun!?

Apakah Ganti Template Dapat Membuat Pengunjung Blog Turun?


 Benarkah pendapat ini? Mari kita ulas bersama

Oke, sebelum lebih dalam. Semua isi artikel ini berdasarkan pengalaman, jadi maaf jika ada yang tidak sependapat dengan saya.

Baru-baru ini saya merasa bosan dengan template blog yang sudah saya pasang selama 4 bulan. Pengunjung blog saya sudah mulai menyentuh tiga digit. Permasalahan pada template blog saya adalah “Tidak Responsif” dan hal ini membuat saya semakin yakin untuk mengganti template yang sudah melekat dengan blog saya selama 4 bulan ini.

Akhirnya saya putuskan untuk mengganti template blog, kebetulan juga saya sudah mempunyai template blog “PREMIUM” yang super responsif dengan tampilan yang super menarik. Dan hal yang terlintas pertama kali dipikiran jika saya mengganti template lama dengan yang ini akan membuat traffik blog meningkat karena akan banyak lalu lintas dari perangkat mobile.
Akhirnya saya memantabkan niat untuk mengganti template blog.

Dan saya SALAH BESAR!

Setelah saya mengganti template blog, pengunjung turun drastis, bahkan hingga 70%. Sepi sunyi sepanjang hari, yap! Itu yang saya rasakan.
Oke, saya akan berusaha untuk menerimanya, mungkin akan memerlukan waktu dengan template baru.

Saya menunggu dan terus menunggu selama 7 hari dan pengunjung semakin memburuk!
Blog semakin sepi bahkan lebih sepi pengunjung rata rata hanya 100 orang per hari. Parah bukan?

Lalu, apakah mengganti template blog dapat membuat pengunjung turun?

TERGANTUNG!

Hah? Iya. Jika memang template blog yang ingin anda ganti lebih buruk dari template baru, maka dapat ditebak jika pengunjung blog akan NAIK. Begitu juga sebaliknya!

Lalu, apa kriteria template yang baik untuk blog?

5 hal dasar yang harus ada pada template adalah.
1. Loading Cepat
2. Memiliki struktur data yang disarankan Webmaster
3. Valid HTML5 dan Vlid CSS3
4. Resposif (dapat menyesuaikan perankat)
5. Desain blog yang simpel/bersih

SARAN:
Jika anda ingin mengganti template, coba perhatikan beberapa hal berikut.
1. Jika pengunjung anda sudah cukup banyak, coba berfikir kembali. Jangan gegabah, cobalah untuk berfikir panjang.
2. Jika anda sudah mantab ingin mengganti template blog, bandingkan dengan template lama, jika fitur template lama lebih bagus. Jangan pernah mengganti template anda! Walaupun template yang baru berbayar (Premium)

Jika anda sudah terlanjur mengganti template, maka tunggulah beberapa minggu, tetapi jika tidak ada perubahan atau bahkan cenderung turun, maka gunakanlah template lama anda atau mencari yang lebih baik.

Gambar dibawah ini adalah bukti bahwa traffik blog saya kembali naik setelas saya mengganti template yang lama karena template yang baru memiliki kualitas yang lebih buruk.

Apakah Ganti Template Dapat Membuat Pengunjung Blog Turun?


Intinya, naik turunya pengunjung saat anda menganti template blog tergantung pada baik atau buruknya template yang anda pilih! Untuk itu, jika anda masih tergolong baru di dunia blog, persiapan dari awal sangatlah penting. Pilihlah template yang yang memang benar benar berkualitas dengan fitur yang lengkap.

Previous
Next Post »