Tips Agar Tidak Kecanduan Game Secara Berlebih


Game sudah sangat menbahayakan saat ini, kenapa saya bilang begitu? karena game bisa saja membuat orang lupa waktu, malas, hingga menjadi pribadi individualistis. Jika anda gamer dan tidak terima dengan pendapat saya, itu terserah anda, tapi melalui sudut pandang saya, begitulah faktanya.
Iya memang tidak semua gamer akan terpengaruh dengan hal negatif, ada juga gamer yang mendapatkan hal positif seperti bertambahnya jiwa kerjasama, pandai berbahasa asing hingga memiliki jiwa pantang menyerah.

Tapi jika anda suka bermain game dan tidak ingin kecanduan game berlebih, anda bisa saja memcoba tips saya berikut

Tips Agar Tidak Kecanduan Game Secara Lerlebih

1. Game Mendidik

Yap, pilihlah game yang mendidik atau game yang memiliki konten mendidik. Contohnya ada banyak lho guys, contoh kecil saja anda bisa bermain game berhitung, game mengetik, tes IQ dan lainnya. Saya pastikan kalau anda tidak akan terpengaruh hal negatif 101% kalau anda memainkannya. Jika anda kecanduan dari game ini pun malah menguntungkan, ya nggak? Anda bermain sekaligus belajar.

Tapi setelah saya survei ke temen-temen hehehe, sebagian besar remaja hingga orang dewasa tidak meyukai game jenis ini, Why? Membosankan! yap, game pendidikan memang membosankan mendingan main Clash Of Clans ya nggak? hahaha.
Hal inilah yang membuat game pendidikan mulai punah. Harapan saya kedepannya semoga terdapat pembuat game yang merancang game pendidikan dengan isi yang seru sehingga game ini tidak di pandang sebelah mata.

2. Jadwal

Buatlah jadwal untuk diri anda, batasi bermain game dalam 3 jam sehari (misal). Jangan sampai anda bermain game seharian hal tersebut akan memperbesar kemungkinan anda akan kecanduan game tersebut.
Jika anda menjadwalkan setiap harinya dan anda bisa melakukannya, anda akan terlepas dari bayang bayang game setiap hari.

Tips Agar Tidak Kecanduan Game Secara Lerlebih

So, jadwalkan bermain game anda mulai dari sekarang. Misalkan, ada bermain game mulai dari jam 13.00 - 15.00 dan selebihnya anda bisa gunakan untuk bermain, berkumpul dengan keluarga, belajar serta memanfaatkan waktu untuk hal bermanfaat lainnya.

3. Hargai Waktu

Time is money, setidaknya itu yang sering dikatakan oleh kepiting laut yang tamak Tuan Krab. Apakah itu benar?Sangat benar. Bayangkan saja, waktu tidak akan pernah bisa, waktu tidak akan bisa dihentikan. Dan anda masih saja menghabiskan waktu anda dengan bermain game seharian?
Helo...
Bayangkan jika anda menggunakan waktu anda tersebut dengan bermain bersama teman-teman anda, mungkin anda akan mendapatkan kenangan baru, kebersamaan hingga keseruan. 

Menghargai waktu memang tidaklah mudah, perlu tekad dan kesabaran yang kuat untuk bisa menghargai waktu dengan bijak. Tapi bukan berarti anda tidak bisa melakukannya bukan?

Untuk orang orang yang yang selalu menghargai waktu, game bukanlah sebuah barang yang penting atau bahkan tidak berguna sama sekalu karena dengan bermaun game akan membuat mereka kehilangan waktu berharga mereka secara sia sia.

Jika anda bisa menghargai waktu, saya yakin 1001% anda tidak akan mengalami apa itu rasanya kecanduan game. So, mulailah untuk selalu menghargai waktu dari sekarang


4. Belajar

Walaupun keterangannya belajar bukan berarti ini hanya berlaku untuk pelajar saja lho ya, orang dewasa juga bisa menerapkannya.
Coba jawab pertannyaan saya berikut
"Apa yang anda dapatkan dengan belajar?" 
Terus jika pertanyaan saya seperti ini
"Apa yang anda dapatkan dengan bermain game seharian?
Apa jawaban ada?
Saya yakin bahwa jawaban yang anda berikan ringkasnya yaitu game cenderung negatif dan belajar keseluruhannya adalah positif.

Dengan belajar, maka anda akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Berlaku sampai kapan itu? Selamanya!
Yap, selamanya. Anda tidak akan pernah merugi jika anda belajar.

Dengan belajr juga akan membuat anda terhindar dari kecanduan game berlebih. Why? Dengan belajar, anda hanya akan berfokus pada 1 kegiatan. Hal inilah yang akan membuat game tersisih dari kehidupan anda.


Semoga tips saya di atas dapat bermanfaat. Sebenarnya bermain game tidaklan masalah asal masih dalam takaran yang tidak berlebih, apalagi game adalah media hiburan. Ingat, sesuatu yang berlebih itu tidaklah baik. Sekarang saya kembalikan semuanya kepada anda.

Previous
Next Post »