Kemampuan Manusia Yang Akan Hilang Akibat Perkembangan Teknologi

Pada zaman yang sudah maju seperti sekarang ini, sudah banyak orang yang tidak lagi buta akan teknologi. Hal ini tentu disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi yang ada di dunia. Para pengguna teknologi juga mulai sadar akan pentingnya dan mudahnya melakukan pekerjaan dengan bantuan teknologi. Tentu dengan perkembangan teknologi yang seperti sekarang ini kehidupan manusia di dunia juga berubah drastis. Sebagai contoh, dahulu orang ke ladang hanya membawa cangkul untuk bertanam, tetapi saat ini orang ke ladang tidak hanya membawa cangkul, melainkan juga membawa handphone untuk bermusik ataupun berkomunikasi.

Perkembangan teknologi yang semakin maju sangatlah membantu kehidupan manusia. Manusia menjadi lebih hemat waktu, tidak mudah lelah dan semakin hebat biaya untuk melakukan pekerjaan mereka dengan bantuan teknologi. Namun dibalik itu semua teknologi juga bisa berdampak buruk bagi para penggunanya. Salah satu efek buruk yang akan dialami oleh para pengguna teknologi adalah hilangnya kemampuan-kemampuan mereka sebelum adaanya teknologi. Apa saja kemampuan yang akan hilang akibat perkembangan teknologi tersebut? Mari kita simak bersama.


1. Menggunakan Saat Diperlukan, Dan Meletakkannya Saat Tidak Diperlukan

Dahulu, sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang ini, manusia hanya menggunakan teknologi jika diperlukan saja. Berbeda dengan sekarang, teknologi sudah menjadi konsumsi wajib yang harus digunakan setiap hari bahkan setiap waktu. Kebiasaan menggunakan teknologi yang berlebihan ini akan berakibat pada kualitas bersama keluarga dan teman sekitar. Contoh kecil saja, Saya sangat yakin jika anda berkumpul dengan teman, anda tidak bisa lepas dari gadget bahkan 60% waktu berkumpul dengan teman anda fokuskan pada gadget. Benar apa benar?. Inilah salah satu akibat buruk yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi. Saya tidak ingin anda kembali ke zaman purba dimana teknologi belum ditemukan dan kebersamaan masih diutamakan, Tetapi setidaknya gunakanlah tekologi anda dengan waktu yang tepat. Jika itu waktu makan bersama keluarga, makanlah dengan tanpa bayang teknologi, ciptakan suasana yang indah bersama keluarga anda.

Kemampuan Manusia Yang Akan Hilang Akibat Perkembangan Teknologi
Source: Google Images
2. Menghafal Nomor Telepon

Mengingat nomor  telepon, dahulu merupakan kegiatan yang lumrah dan mungkin semua orang yang baru memiliki telepon dahulu pernah melakukannya. Mungkin bagi anda orang yang bukan lahir sebagai anak tahun 90an meremehkan menghafal nomor telepon ini. Padahal menghafal nomor telepon sangatlah penting. Bayangkan jika anda tersesat di suatu tempat yang belum pernah anda kunjungi dan anda tidak membawa barang apapun dan anda tidak ingat nomor telepon kerabat ataupun sodara anda, anda mau minta bantuan siapa? Saat ini semua orang sudah dimudahkan supaya tidak bersusah-susah payah menghafal nomor telepon, karena telepon saat ini sudah semakin canggih yang bisa menyimpan nomor telepon semua teman ataupun kerabat anda. Kemajuan teknologi memang harus kita ikuti, tetapi saran saya setidaknya anda hafal beberapa nomor telepon sodara terdekat anda untuk antisipasi.

3. Menghitung

Dengan semakin canggihnya teknologi, anda tidak lagi bersusah payah menghitung jika ada tugas Matematika bukan. Saat ini sudah ada alat pintar yang bisa menghitung dengan akurat yang diberi nama kalkulator. Anda senang akan hal ini? Tentu, saya juga tidak menampik bahwa saya juga senang akan hal ini karena kalkulator ini dapat membantu saya saat saya malas menghitung. Tetapi kebiasaan menggunakan kalkulator ini dapat membuat anda malas untuk menghitung dengan kemampuan anda, bahkan jika ada perkalian 9 X 7 sebagian dari anda sudah meminta bantuan dari kalkulator ini. Menggunakan kalkulator untuk berhitung boleh saja, tetapi jangan malas untuk berhitung sendiri ya. Jangan budayakan kebiasaan malas, karena malas tidak akan membuat anda maju.

4. Kemampuan Navigasi

Menghafal jalan memang sangatlah susah, terlebih lagi jika anda baru pertama kali melewatinya, untungnya saat ini sudah ditemukan alat yang diberi nama GPS ( Global Possitioning System ) yang dapat menjadi pemandu jalan agar anda tidak tersesat. Alat ini memang sangat membantu, anda tidak perlu menghafal jalan lagi, benar bukan?. Tetapi apakah anda pernah berfikir bagaimana jika GPS anda rusak dan anda tidak tahu berada dimana? Damm. Anda pasti akan panik setengah mati. Untuk itu walaupun kemudahan sudah ada tetapi jangan sampai anda asal lewat jalan saja ya, pahami juga jalan yang anda lewati.

5. Mengoreksi Tulisan

Dahulu jika orang membuat sebuah karangan cerita, setelah karangan telah selesai ditulis mereka akan membaca karangan tersebut untuk memastikan bahwa karangan mereka sudah tertulis dengan benar tanpa ada tanda baca ataupun tulisan yang salah. Tetapi saat ini menulis karangan bisa diketik pada komputer dan akan terkoreksi secara langsung oleh autocorret fitur di dalamnya sehingga saat ini orang yang menulis sesuatu tidak perlu bersusah payah mengoreksinya. Hal ini memang sangat membantu tapi ingat, tidak selamanya rang akan menulis dengan komputer.

6. Berjalan Normal

Normal yang saya maksudkan disini adalah tidak memegang gadget atau teknologi apapun di tangan. Saat ini orang-orang cenderung berjalan dengan menatap gadget mereka masing-masing ada yang membalas pesan singkat hingga membuka akun sosial media mereka. Padahal hal seperti ini bisa saja membuat anda menabrak sesuatu dan efek terparahnya adalah saling menyapa antar sesama akan berkurang.

7. Menulis

Saat ini orang menulis dengan menggunakan pena dan kertas sudah semakin jarang ditumui, dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini mereka cenderung lebih suka menulis dengan mengetik pada komputer dan mencetaknya denga printer. Keuntungan yang didapatkan pun banyak mulai dari tulisan yang rapi hingga efisien waktu. Untuk mengetahui apakah anda lebih suka mengetik daripada menulis dengan pena di atas kertas, cobalah anda menulis sebuah karangan atau apapun itu dengan menggunakan pena, jika anda cepat merasa lelah, berarti anda cenderung lebih suka mengetik.

Itulah beberapa kemampuan manusia yang akan perlahan hilang akibat dari semakin canggihnya teknologi saat ini, tidak dipungkiri jika kita  seharusnya memang mengikuti perkembangan teknologi, tetapi jika hal tersebut membuat anda menjadi pribadi yang pemalas, sebaiknya perkembangan teknologi harus dibarengi dengan niat dan keyakinan bahwa teknologi itu memiliki fungsi mempermudah bukan merubah.

Previous
Next Post »