Efek Buruk Dari Kemajuan Teknologi

Membahas soal teknologi memang tidak ada habisnya, sampai akhir dunia pun teknologi akan tetap ada. Di era digital saat ini, teknologi sudah menjadi sesuatu yang umum, hampir semua orang sudah merasakan kemudahan mengguakan teknologi atau mungkin tidak bisa hidup tanpa teknologi. Disamping kemudahan dan kelebihan yang dimiliki teknologi saat ini, tentu akan ada efek buruknya juga. Efek buruk yang ditimbulkan saat ini sudah semakin terlihat dan mewabah dimasyarakat.

Efek buruk yang ditimbulkan teknologi ini ada yang memang tidak terlalu berbahaya tetapi tidak sedikit pula yang akan berakibat fatal untuk kehidupan manusia kedepannya. Salah satu efek buruk yang terbilang fatal untuk kehidupan manusia kedepannya adalah interaksi manusia akan mati, padahal manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Ada beberapa lagi efek buruk yang akan ditimbulkan oleh kemajuan teknologi ini, berikut apa saja? Mari kita simak bersama.

Efek Buruk Dari Kemajuan Teknologi
Source: Google Images

1. Semua Data Akan Menjadi Digital

Dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, hampir semua data-data berubah menjadi digital.Keuntungan data-data berubah digital sangatlah banyak, mulai dari mudahnya pengerjaan hingga hemat tempat. Bayankan, jika semua data yang anda miliki bukan digital, pasti rumah atau tempat kerja anda penuh dengan kertas-kertas berisi data-data, mungkin anda juga bingung mau menyimpannya dimana lagi karena tidak ada tempat tersisa.Jika anda ingin mengirim surat pun tidak usah repot-repot datang ke kantor pos karena sekarang sudah ada fasilitas berkirim surat elektronik (email) Untuk itu kemudahan ini juga harus patut disyukuri. Tetapi dengan berubahnya data-data ini bukan tanpa resiko, resiko yang mungkin akan timbul jika semua data berubah menjadi digital pena ataupun pensil akan musnah dari muka bumi ini, yang anda perlukan hanyalah komputer, keyoard dan printer, selain itu anda juga pasti akan lupa bagaimana cara mengekspresikan pikiran lewat sebuah tulisan di atas kertas, resiko terparahnya adalah rekayasa data digital sangat mungkin terjadi dan anda bisa saja menjadi korbannya.

2. Mesin Akan Menggantikan Manusia

Jika kita dibandingkan antara manusia dengan mesin, pasti manusia akan kalah telak. Pasalnya saat ini mesin yang diciptakan hanpir 90% bisa menyerupai manusia. Kemampuan mesin pun jauh unggul dibandingkan manusia, Jika manusia bisa merasakan lelah dan perlu beristirahat, mesin tidak mengenal itu. Untuk itu saat ini banyak perusahaan perusahaan besar sudah memperkerjakan mesin selain mesin tidak perlu dibayar, mesin juga akan menyelesaikan pekerjaan yang jauh lebih baik dibandingkan manusia. Menurut penelitian, saat ini di Amerika Serikat, lebih dari separuh pekerjaan sudah dkerjakan oleh mesin (robot). Untuk itu, bukan tidak mungkin manusia tidak ada lagi yang bekerja karena mereka sudah tergantikan oleh robot.

3. Tidak Ada Interaksi Antar Manusia Secara Langsung

Faktanya, saat ini orang lebih suka menggunakan sosial media untuk berinteraksi daripada berinteraksi secara langsung, Bahkan ada yang menganggap media sosial adalah dunia utama mereka dan dunia nyata mereka duakan. Selain itu, saat ini juga sudah banyak online shop yang ada di internet, anda tinggal memilih barang yang ingin anda beli dan menunggu barang sampai di rumah tanpa harus pergi ke pasar ataupun mall. Jika hal seperti ini akan terus berlanjut, di masa depan interaksi antar manusia pasti akan mati.

4. Selalu Bergantung Pada Teknologi

Contoh kecil saja, saat ini jika siswa/ pelajar di suruh memuat sebuah puisi, kebanyakan dari mereka malas berfikir dan lari ke internet untuk mendapatkannya, jika aa tugas matematika, kalkulator adalah senjata yang mereka gunakan. Hal ini sudah membuktikan bahwa manusia saat ini sudah sangat bergantung pada teknologi. Padahal kebiasaan bergantung teknologi ini akan membuat orang malas dan jatuhnya mereka akan menganggap teknlogi segala-galanya.

5. Banyak Penyakit Mengintai

Akibat selalu berantung dengan teknologi, akan menyebabkan manusia selalu merasa malas melakukan apapun, hal ini akan berimbaas pada naiknya kolesterol pada tubuh yang sangat berpotensi menyebabkan sakit jantung. Selain itu, saat ini banyak orang sudah memiliki ponsel masing masing. Sebenarnya ponsel ini menghasilkan sebuah gelombang radiasi yang bisa menyebabkan tumbuhnya penyakit kanker. Untuk itu, jauhi malas dan hidup sehat adalah solusinya.

6 Kecerdasan Buatan

Hal ini mungkin akan terlihat konyol jika saya jabarkan, tetapi hal ini bisa saja terjadi di masa depan. Dengan banyaknya robot yang dicitakan untuk mengerjakan untuk membantu manusia, misalkan pembantu robot, juru masak robot etc. Saat ini Para ahli sudah mulai memperingatkan bahwa masa depan manusia akan terancam. Robot memang diciptakan oleh manusia untuk menurut perintahnya tetapi mungkin hal ini akan berbalik di masa depan. Apakah hal ini akan terjadi? Entahlah hanya waktu yang bisa menjawabnya.


Teknologi diciptakan memang untuk membantu pekerjaan manusia, tetapi hal ini bukan alasan bagi kita untuk selalu bergantung kepadanya. Jika kita masih bisa mengerjakannya, Kenapa tidak?

Previous
Next Post »