Kejahatan Yang Harus Anda Waspadai di Dunia Maya

Semakin berkembangnya teknologi membuat semua orang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, termasuk mendapatkan keuntungan melalui cara yang tidak baik di dunia maya. Hal inilah yang harus diwaspadai pengguna sosial media lain agar tidak terjebak dan tertipu dengan kejahatan yang bisa saja terjadi di dunia digital ini.

Kejahatan Yang Harus Anda Waspadai di Dunia Maya

Penipuan yang mereka lakukan beragam, mulai yang masih masuk ke dalam level ringan hinggal level yang membahayakan, untuk itu anda dituntut untuk lebih pintar bermain didunia maya juga harus lebih pintar bermain di dunia maya juga harus teta waspada karena kejahatan selalu mengintai anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati itulah yang dikatakan orang di luar sana.
Untuk itu, pada artikel kali akan saya bagikan informasi tentang kejahatan apa saja yang bisa saja terjadi di dunia maya agar anda lebih waspada. Apa saja? Mari kita sima bersama

1. Penjual Palsu

Akhir akhir ini sering kita temukan penjual online yang melakukan penipuan di dunia maya. Modus yang mereka lakukan biasanya menggunakan akun yang palsu dengan menggunakan foto profil yang membuat para pembeli semakin percaya. Setelah para pembeli tertarik untuk membeli dan mentransfer sejumlah uang, barang yang dipesan tidak kunjung datang, dan saat di konfirmasi dengan penjual, akun penjual akan menghilang ditelan bumi entah kemana.


Kejahatan Yang Harus Anda Waspadai di Dunia Maya

Untuk itu, anda dituntut untuk selalu berhati-hati dalam membeli barang di dunia maya ini, berikut ada beberapa tips untuk anda.
1. Sebelum membeli, pastikan akun penjual asli, lihat saja pada profilnya. Selain itu, cek pada teman, jika teman yang dia miliki memiliki nama yang aneh-aneh, maka carilah penjual yang lain.
2. Lihatlah testimoni pembeli lain. Caranya simpel, jika penjual tersebut berpromosi barang dan ada yang memberikan respon "Terimakasih gan, barangnya baru sampai kemarin, masih mulus" hal ini bisa menambah poin penjual. Tapi jangan percaya dulu, lihat akun yang memberi testimoni, apakah akun tersebut palsu atau tidak, jika akun tersebut palsu, urungkanlah niat anda.
3. Lihatlah respon yang diterima penjual saat berpromosi di internet, jika menerima banyak respon, maka kemungkinan besar dia bukan penipu.

2. Penculikan

Semakin mudahnya dunia maya untuk di akses siapapun, kejahatan yang bisa terjadi pun semakin berbahaya, sampai praktek penculikan yang dilakukan oleh orang yang tidak memiliki hati nurani. Saat ini sudah banyak berita di media masa orang hilang diakibatkan oleh kenalan mereka di internet. Biasanya orang akan tertipu dengan modus para penculik di sosial media ini adalah karena mereka "Mudah Percaya".
Yap, anda boleh saja percaya dengan siapapun asalkan anda sudah mengetahui asal usul ataupun sidat yang dimiliki orang tersebut, Jika anda baru saja mengenalnya dan anda belum mengetahui apapun tentang dirinya + anda mengenalnya di dunia maya, saya sarankan dan saya tekankan kepaa anda untuk tidak mengikuti kemauan dia dalam waktu dekat.

Kenali terlebih dahulu dia, lakukan penyelidikan ringan melalui profil yang ia pakai, jika anda menemukan sesuatu yang mencurigakan seperti nama teman yang memiliki nama tidak jelas, jangan dilanjutkan! Untuk itu, anda harus lebih berhati hati saat memilih teman.

3. Kejahatan Berbahaya

Tidak hanya kejahatan ringan saja yang bisa terjadi di dunia maya, kejahatan yang tergolong berbahaya berikut ini juga bisa terjadi, seperti pemerkos**n, pembinuh*n, pengambilan organ tubuh hinga dijadikan budak. Untuk itu saya tekankan kepada anda "Apapun bisa saja terjadi di dunia maya!". Berhati-hatilah dan selalu waspada adalah kunci utama dari semua. Anda boleh saja mengabaikan artikel ini,tapi jangan menyesal jika anda yang akan menjadi korban selanjutnya.

Tips untuk anda: Jangan manfaatkan dunia maya ini untuk media pencari jodoh, jangan pernah sedikitpun percaya kepada orang yang baru saja anda kenal, tidal pernah pamer kekayaan ataupun bentuk tubuh di dunia maya. Beberapa hal tersebeu akan membuat para pelaku kejahatan akan membuat anda menjadi target selanjutnya. Apapun akan mereka lakukan untuk mendapatkan anda. Jadi, berhati-hatilah.

Dunia maya sebenarnya akan sangat berguna dan bermanfaat untuk anda jika anda menggunakannya dengan bijak, tapi akan menimbulkan hal yang sangan negatif jika anda menggunakannya secara asal asalan. Jika anda orangtua, awasilah anak anda saat bermain di dunia maya, jangan sampai kejahatan dunia maya ini akan terjadi kepada anak anda. Dan jika anda orang yang memanfaatkan dunia maya, Ingatlah satu hal, "Dunia maya tidak seaman seperti yang kalian pikirkan", maka waspada dari sekarang.

Previous
Next Post »