Fungsi Kabel HDMI dan Kelebihannya

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat, hampir semua aspek dalam teknologi sudah diperbarui, termasuk pada sektor perangkat keras. Saat ini sudah terdapat hardware yang mungkin asing jika anda melihatnya, perangkat yang akan menggantikan perangkat lama cenderung akan memiliki bentuk yang lebih kecil dan modern. Salah satu perangkat keras yang tergoong baru saat ini adalah HDMI, apa itu HDMI dan apa sih kegunaannya? Berikut penjelasannya.
Fungsi Kabel HDMI dan Kelebihannya

Sedikit cerita dari saya, saat itu saya sedang melakukan praktek kerja lapangan di salah satu Universitas Negri di Lampung, saya sangat ingat saat itu disuruh sama guru pembimbing untuk mencolokkan kabel monitor PC. Saya bingung, mana kabel monitornya? Saya curiga kok ada satu kabel yang asing, setelah saya samakan, eh ternyata di komputernya ada port yang bisa untuk memasukkan kabel tersebut. Setelah saya foto dan saya cari di mesin pencari, akhirnya saya ahu itu adalah Kabel HDMI.

Fungsi kabel HDMI

High Definition Multimedia Interface adalah kepanjangannya. HDMI saat ini menjadi perangkat standar untuk perangkat visual ataupun audio berkualitas tinggi (HD. Dengan kabel HDMI, kita dapat menghubungkan game console, PC, Audio, dll hanya dengan satu kabel. Kabel HDMI ini sopport dengan berbagai macam format, mulai dari yang standar hingga yang berkualitas tinggi pada pc, televisi ataupun lainnya. Seperi yang sudah saya ceritakan tadi, jenis komputer saat ini sudah banyak yang support dengan kabel sederhana ini.

Kelebihan yang dimiliki kabel HDMI

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki kabel HDMI yang ditdak dimiliki kabel generasi sebelumnya, diantaranya:

1. Praktis, didalam kabel HDMI terdapat 19 kabel yang terbungkus menjadi 1, sehingga membuat kabel HDMI menjadi terlihat rapi, selain itu kabel HDMI ini juga praktis karena memang tidak karena memiliki bentuk yang lebih sederhana dari generasi sebelumnya.
2. Memiliki kecepatan transfer yang wusss adalah salah satu kelebihannya. Kabel HDMI mampu mentransfer data yang besar per detiknya hingga 5GB/detik. Karena kecepatan transfer yang luar biasa, maka kualitas file yang ditransfer akan jauh lebih baik.
3. Kalau generasi sebelumnya menggunakan sistem analog, kabel HDMI bekerja secara digital.

Wah, teknologi memang edan, apapun bisa terjadi disini. Mungkin dimasa depan komputer tidak memerlukan kabel. Hehehe. Ya begitulah teknologi. Akan terus berkembang dan tidak akan mungkin akan berhenti. Semoga dengan diciptakan teknologi baru, akan semakin mempermudah manusia untuk menggunakannya.

Previous
Next Post »