Betah Duduk Lama Depan Komputer, Ini Tipsnya

Dewasa kini dengan pesatnya perkembangan teknologi, membuat hampir semua orang mempunyai komputer pribadi. Tujuan mereka dengan komputer tersebut pun beragam, ada yang digunakan khusus untuk belajar, bermain game hingga tuntutan pekerjaan. Hal ini tentu juga akan merubah aktivitas mereka yang semula tidak memiliki jadwal dengan komputer, sekarang mereka lebih senang jika berlama-lama duduk di depan komputer.

Duduk di depan komputer sebenarnya tidak masalah jika mereka duduk dengan posisi yang benar. Tetapi akan beda ceritanya jika menggunakan komputer dengan "asal" duduk yang penting nyaman. Padahal posisi duduk yang salah dapat mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan. Jika anda duduk di depan komputer dengan posisi yang salah dengan jangka waktu yang panjang, efek yang akan anda terima adalah sirkulasi tubuh menurun, gula darah yang tidak seimbang dalam tubuh dan akan berpengaruh pada postur otot.

Betah Duduk Lama Depan Komputer, Ini Tipsnya
Source: Google Images
Untuk orang yang memang sudah cinta dengan komputer mereka, tentu akan sering menghabiskan waktu dengan komputer berjam-jam, untuk itu posisi tubuh yang benar harus diperhatikan. Lalu bagaimana  caranya supaya kita bisa betah duduk lama depan komputer dengan posisi yang benar (tentunya)? Berikut tipsnya.

1. Perhatikan Postur Tubuh

Banyak orang yang masih bingung bagaimana posisi tubuh yang benar saat menggunakan komputer. Cara duduk dengan posisi tubuh yang benar bila saya ringkas sebenarnya cukup sederhana:

* Usahakan kepala anda untuk meghadap komputer lurus ke depan
* Menggunakan komputer yang baik adalah komputer diletakkan di meja dan anda duduk di kursi. Untuk itu, liruskan kaki anda ke bawah dengan lutut lebih tinggi dibandingkan pinggul.
* Gunakan pernapasan perut agar oksigen dapat meningkat ke seluruh tubuh
* Posisikan bahu lurus dan rileks dengan siku diletakkan di sandaran kursi tempat anda duduk.

Sebagus-bagusnya kursi yang anda gunakan untuk duduk, jika posisi anda salah, tentu akan berakibat atal untuk anda walaupun tidak secara langsung. Dengan membiasakan posisi duduk yang benar, dalam kurun waktu tertentu akan membuat anda merasa nyaman, dan jika anda tahu, dengan posisi duduk yang benar akan membuat anda ebih betah duduk dean kompute karena sirkulasi si salam tubuh anda tidak terganggu.

2. Perbanyak Minum Air Putih, Bukan Yang Lain

Entah karena kebiasaan atau bagaimana, saat ini banyak orang yang tidak suka dengan air putih. Rata-rata mereka meminum air tidak sesuai yang dianjurkan oleh para dokter, yaitu minimal 8 gelas/hari. padahal air putis sangat penting untuk tubuh, dengan meminum air putih sesuai anjuran dokter, tubuh anda akan terhindar dari yang namanya dehidasi. Dehidrasi dpat menyebabkan anda mudah lelah sehingga posisi tubuh menjadi tidak karuan di depan komputer. Kekurangan air putih juga akan mengurangi konsentrasi dan fokus sehingga membuat aktivitas anda di depan komputer terganggu.So, Jangan lupa minum air putih ya.

3. Letakkan Batal Kecil

Jika anda mempunyai bantal kecil, gunakanlah bantal tersebut untuk membuat aktivitas di depan komputer anda menjadi nyaman dengan cara meletakkannya di belakang punggung bawah anda. Jika anda nyama, otomati anda tidak akan mudah lelah sehingga aktivitas depan komputer menjadi lancar jaya.

4. Jangan Lupa Bergerak

Sesibuk-sibuknya anda di depan komputer, jangan lupakan hal yang sangat penting ini. Bergeraklah secara berkala setidaknya setiap 15 menit sekali dengan bangun dari tempat duduk anda bila perlu bejalan-jalanlah di sekitar tempat duduk anda agar energi anda bertambah, anda juga dianjurkan untuk berjalan keluar ruangan dan melihat objek hijau agar mata dan pikiran anda menjadi lebih fresh.

Tidak selamanya duduk di depan komputer selama berjam-jam akan membuat anda merasa nyaman, tetapi jika hal tersebut anda lakukan dengan benar, duduk depan komputer dengan waktu yang lama bisa saja akan enjadi sesuatu yang menyenangkan.
Previous
Next Post »