Beberapa Cara Mendapatkan Inspirasi Untuk Membuat Artikel Blog

Terkadang inspirasi terus mengalir tanpa anda sadari tetapi ada kalanya anda sulit untuk mendapatkan inspirasi. Kesulitan ini biasanya disebabkan oleh kebosanan, capek ataupun sudah malas berfikir. Seharusnya hal ini tidak terjadi, inspirasi tidak akan datang jika kita tidak mencarinya namun memang ada orang yang terus menerus mendapatkan inspirasi walaupun ia hanya mengandalkan kemampuannya.

Jika anda sudah susah mencari inspirasi untuk membuat artikel blog, mungkin beberapa hal yang akan terjadi adalah blog yang terbengkalai, pusing karana memaksa otak untuk terus berfikir sampai ada yang marah-marah dan membodohkan diri sendiri karena tidak bisa berfikir. Hal ini jangan sampai terjadi. Jika anda sudah sampai paada titik teratas, bukan ide yang akan anda dapatkan, melainkan tekanan diri yang bisa menyebabkan anda menjadi orang pemarah.


Beberapa Tempat Untuk Mendapatkan Inspirasi Artikel Blog



Hal ini tidak akan terjadi jika anda sudah berfikir panjang tentang akibat yang akan timbul jika anda terlalu berfikir keras. Inspirasi tidak hanya ada pada diri anda, anda bisa mendapatkan inspirasi dari beberapa tempat yang bisa anda manfaatkan untuk mencari sebuah inspirasi. Cara mendapatkan inspirasi inipun tergolog mudah. Bagaimana cara mendapatkannya? ( Baca Juga: 5 Penyebab Gagalnya Para Blogger Pemula )

1. Membaca Artikel Pada Blog Lain

Ini adalah cara yang paling efektif menurut saya. Sekarang ini banyak sekali web/blog yang bisa anda manfaatkan sebagai tempat inspirasi. Masing-masing web/blog pasti memiliki gaya bahasa yang berbeda. Carilah web/blog yang menurut anda mudah dipahami dan menggunakan gaya bahasa yang tidak kasar, baca artikel didalamnya dan masukkan kedalam diri anda. Tapi ingat, pengunjung tidak akan meyukai seorang blogger peniru, maksudnya jika anda ingin menulis artikel dengan gaya bahasa sama persis dengan web/blog yang anda jadikan insirasi, mereka pasti akan pergi jauh-jauh dari blog anda. Saran saya, gunakanlah blog inspirasi tersebut hanya sebagai tempat membaca saja, tetapi jika anda ingin meniru gaya bahasa didalamnya dan akan digunakan pada blog anda, saya sarankan untuk mengkombinasi gaya bahasa blog tersebut dengan gaya bahasa anda. Tapi Ingat! Menjadi diri sendiri itu lebih baik!

2. Membaca Banyak Buku

Menurut saya, buku bisa dikatakan mirip dengan internet, anda bisa melihat seluruh dunia dari buku, dengan membaca buku, wawasan anda juga pasti akan bertambah. Buku juga bia dijadikan inspirasi untuk membuat artikel blog. Dengan membacanya, secara tidak langsung, otak anda akan merekamnya dan jika suatu saat anda memerlukannya, otak anda akan mengeluarkan semua apa yang anda baca. Untk mendapatkan banyak insprasi, tentu anda tidak hanya membaca satu buku saja, saya anjurkan untuk membaca sepuluh buku. Sepuluh buku ini tentu tidah dibaca sekaligus, karena otak anda tidak akan mampu menerimanya, saya sarankan untuk ukuran buku yang agak tebal, bacalah selama satu minggi. Pahami makna didalamnnya dan ingat, jangan membaca buku disaat mood kurang baik, karena hal ini akan sia-sia.

3. Menonton Televisi

Banyak sekali inspirasi didalam sebuah televisi, jika anda merasa bahwa setelah anda memonton suatu program dan seelah program itu elesai anda masih ingat, berarti anda sudah mendapatkan sebuah inspirasi. Mendapatkan inspirasi melalui televisi ini menurut saya juga sangat ampuh, karena anda tidak hanya disuguhkan dengan gambar dan teks tetapi anda disuguhkan dengan gabar bergerak yang tidak membuat anda cepat bosan. Saran saya, pilihlah program sesuai dengan niche blog anda, misalnya jika blog anda berniche kesehatan, tontonlah program pengobatan herbal, talkshow kesehatan, ataupun acara berita kesehatan. Setelah sobat menonton acara pada televisi tersebut, maka jika sobat ingin membuat artikel blog tidak akan kesulitan lagi karena anda sudah banyak kata yang terekam dalam otak dan siap untuk diekspresikan kedalam tulisan.

4. Selalu Tenang

Saat pikiran anda tenang, maka inspirasi akan mudah datang, tetapi sebaliknya jika pikiran anda sedang kacau, maka nspirasi akan sangat sulit muncul. Dengan selalu tenang, maka apa yang sudah ada didalam otak anda akan lebih mudah ditemukan. Misalkan, anda dulu pernah memiliki puisi yang belum pernah ditulis, tetapi kerangka puisi tersebut sudah anda pikirkan, jika pikiran anda tenang, bukan tidak mungkin jika puisi ersebut bisa sobat tulis dan dijadikan sebuah artikel pada blog.

5. Bertanya 

Bertanya adalah suatu kegiatan dimana kita ingin mendapatkan jawaban akan permasalahan kita. Dengan bertanya, anda akan menjadi banyak tahu apalagi jika anda bertanya kepada orang yang sudah ahli dalam bidangnya. Inspirasi juga akan muncul dari apa yang kita tanyakan kepada narasumber dan bisa kita tuliskan pada sebuah artikel. Tips dari saya, carilah narasumber yang memang tidak diragukan lagi kemampuannya, jia ia teman anda itu lebih baik, Jangan terlalu sering bertanya, karena hal itu bisa membuat narasumber tidak nyaman dan terakhir, bertanyalah dengan sopan.


Baca Ini Juga:

* Asem Manisnya Menjadi Seorang Blogger
* Cara Jitu Mengatasi Malas Menulis Artikel Blog
* Tips Menghindari Copy-Paste Saat Membuat Postingan Pada Web/Blog

Inspirasi itu bisa kita dapatkan dari siapa saja, kapan saja dan dimana saja, dan mudah sulitnya untuk kita mendapatkan inspirasi tersebut, tergantung dri niat dan kesungguhan kita.

Previous
Next Post »