5 Penyebab Gagalnya Para Blogger Pemula

Blog adalah suatu media yang tidak terlepas dari dunia tulis-menulis, orang yang melakukannya disebut Blogger. Banyak sekali alasan kenapa banyak orang yang beralh profesi sebagai seorang blogger, seperti membuat blog karena tugas kuliah yang berlanjutan, ingin mendapatkan uang secara online, ataupun sudah memiliki cita-cita menjadi seorang blogger sukses. Peminatnya pun beragam ada yang masih duduk di bangku menengah pertama sampai yang sudah berumur. 

Jika bloggeryang sudah memiliki cita-cita sebagai seorang blooger, tentu mereka tidak akan main-main, niat serta persiapan yang matang pasti sudah ia kantongi jauh-jauh hari sebelum memulainya. Tapi bagaimana dengan blogger yang hanya ingin mendapatkan uang atau ikut-ikutan? Para blogger seperti ini sangat rentan terhadap kegagalan apalagi jika mereka tidak memiliki bekal sebelumnya


5 Penyebab Gagalnya Para Blogger Pemula

Untuk itu, persiapan yang matang serta niat dan kesungguhan sanga diperlukan untuk seorang blogger pemula. Hal ini sangatlah penting, karena menjadi seorang blogger suksses itu tidak seperti kata orang yang hanya menulis artikel terus uang akan datang dengan sendirinya. Waktu dan kesabaran sangat diperlukan dalam hal ini. Jika komponen tersebut tidak dipersiapkan, kegagalan pasti tidak akan terhindarkan.  Berikut dibawah ini adalah 5 penyebab gagalnya para blogger pemula.

1. Tidak Ada Perencanaan Secara Matang

Jika sesuatu dilakukan secara cepat tanpa ada perencanaan sebelumnya, pasti akan menghasilkan sesuatu yang tidak maksimal. begitu pula dengan blog. Semua itu memerukan proses, jika suatu blog dikelola secara asal-asalan pasti apa yang akan kita terima adalah hasil asal-asalan juga. Hal inilah yang menjadi masalah bagi para blogger pemula. Kebanyakan dari mereka tidak memiliki perencanaan terlebih dahulu, asalkan jadi ya sudah tidak usah berfikir lagi.

Hal-hal kecil yang tidak diencanakan secara matang oleh blogger pemula:

  • Niche Blog
Sebenarnya ini adalah hal terpenting dalam suatu blog. banyak para blogger pemula yang tidak memperhatikan hal ini. Rata-rata para blogger pemula hanya membuat niche blog secara spontan, tidak dipikirkan terlebih dahulu. Cara memilih niche blog yang baik adalah pilihlah niche blog sesuai minat agar lebih mudah, yang kedua adalah pilihlah topik yang paling banyak dicari dari minat yang anda miliki dan jadikan topik tersebut sebagai niche blog yang anda buat.
  • Judul artikel
Pemilihan judul yang asal-asalan sering sekali dilakukan oleh para blogger pemula. Coba bandingkan, " Cara Membuat Blog " dengan " Cara Mudah Dan Cepat Membuat Blog Dengan Blogger " menurut anda, judul artikel manakah yang terbaik? Tentu judul kedualah yang terbaik. mengapa demikian? Semakin menarik an jelas judul yang kita buat, semakin besar pula pengunjung yang akan mengklik artikel tersebut. 
  • Banyaknya Kata Dalam Artikel
Banyak sekali blogger pemula yang melupakan hal yang satu ini, yang mereka pikirkan adalah (membuat artikel -selesai) Seharusnya tahapan membuat artikel yang berkualitas adalah pilihlah topik yang sedang banyak dicari, pahami dengan benar artikel yang ingin dibuat bila perlu targetkan lebih dari 400 kata/lebih didalamnya. Semakin banyak kata dalam suatu artikel, semakin mudah artikel tersebut terinde mesin pencari.

Itu hanyalah 3 dari sekian banyak kesalahan para blogger pemula dalam hal perencanaan. an dapat disimpulkan bahwa perencanaan yang baik tahapannya adalah Pilih - Pikirkan - Pelajari - Lakukan.

2. Terpaku Pada Karya Orang Lain

Ini adalah masalah blogger pemula yang sangat berbahaya, biasanya blogger yang sering terpaku pada karya orang lain adalah blogger yang memiliki bakat kurang dalam hal menulis. jika hal ini terus dibiarkan akan berakibat fatal untuk blog. Kenapa demikian? Jika seorang blogger sudah terpaku pada tulisan orang lain, saat mereka tidak memiliki ide untuk membuat artikel, pasti jalan yang mereka tempuh selanjutnya adalah copy - paste. Kegiatan copy  paste ini sangatlah berbahaya untuk kelansungan blog blog bisa saja dicap sebagai blog plagiat atau yang paling bahaya adalah blog anda akan dihapus.

3. Strategi Yang Tidak Baik

Panyak para blogger pemula yang sudah memiliki strategi untuk blog mereka. Tetapi tidak sedikit pula yang tidak memikirkannya, penyusunan strategi bagaimana kelangsungan blog kedepan, tujuan blog yang dikelola seharusnya sudah disusun dengan matang dan jelas.

4. Pembagian Waktu Yang Buruk

Ketika seseorang sudah memilih menjadi blogger, tentu tahu akan resiko yang didapat. Salah satu resiko mejadi seorang blogger adalah waktu. Waktu yang biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari, sekarang harus pintar-pintar membaginya dengan rutinitas seorang blogger. Pilihlah waktu yang tepat untuk nge-blog seperti saat pikiran tenang atau saat ide ide muncul. Jangan memaksakan diri nge-blog disaat banyak masalah yang sedamg dipikirkan, hal ini hanya akan membuat tulisan yang akan dibuat tidak memenuhi standar/tidak berkualitas.

5. Tidak Konsisten

Memang tidaklah mudah harus berkonsisten secara terus menerus pada suatu hal, tetapi hal tersebut harus dilakukan jika ingin mendapatkan apa yang kita inginkan. Banyak para blogger pemula yang belum memiliki jiwa konsiste ini. misalkan hari ini membuat artikel yang bagus, kesesokan harinya jelek, dan keesokannya bagus. Jika anda juga seperti ini, mulailah belajar konsisten dari sekarang, buatah artikel yang bagus setiap hari. Yakinlah suatu saat dengan berkonsisten kita aka memetik hasil yang manis.

Baca juga:



Tidak ada orang yang ingin gagal di dunia ini, dengan tidak mudah menyerah, dan melakukan yang terbaik, apapun bisa tercapai. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Previous
Next Post »