Kesalahan-Kesalahan Seorang Blogger Pemula Yang Harus DiHindari

Blogger menurut saya adalah sebuah media yang dapat digunaka untuk mengeluarkan semua yang tersimpan pada diri kita untuk di keluakan dalam sebuah tulisan untuk dipublikasikan. Menekuni dunia blogger ini dengan penuh kesungguhan dan konsisten, blogger ini tidak hanya untuk menjadi media luapan emosi, blogger ini juga menjadi media penghasil dolar bagi pengelolanya. Tidak sedikit orang Indonesia yang sukses dengan hanya menulis di blog mereka. Hal tersebut tentu tidak secara instan mereka dapatkan. Jika ada yang langsung mendapatkan banyak dolar hanya beberapa hari menulis di blog, tentu hal ini tidaklah mungkin. Mereka juga pasti pernah mengalami masa-masa sulit seperti orang yang mencari receh pada umumnya, mereka harus rajin posting artikel blog, promosi kesana kesini yang tentu banyak menyita wktu mereka. Tetapi dengan niat dan kesungguhan yang mereka miliki pasti suatu saat mereka akan memetik hasilnya.



Kesalahan-Kesalahan Seorang Blogger Pemula Yang Harus DiHindari


Suksesnya para blogger-blogger Idonesia ini semakin memancing anak-anak muda di Indonesia untuk menekuni dunia Blogger ini ( Tidak terkecuali saya :D ). Saya sangat tertarik mendalami duia blog ini jujur pertama karena saya ingin merasakan uang melalui perantara blog ini. Masa-masa yang sangat sulit selama saya menekuni dunia log ini adalah dimana saya hars menelah pil pahit yang terus diberikan kepada saya, seperti tertolak Google Adsense, 1 bulan nge-blog tidak mendapatkan visitor, bahkan target-target yang saya inginkan sebelum terjun menekuni blog ini sampai saat ini belum juga tercapai. Saya hampir putus asa dan ingin tidak lagi meneruskan menekuni dunia log ini. tetapi saat ini saya mulai berfikir. Kenapa blog saya idak memiliki Visitor? Kenapa saya berulangkali di tilak Google Adsense. Saya adar itu semua penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah SAYA sendiri. Saya tidak memerhatikan kualitas tulisan saya, yang saya fikirkan adalah tulis, tulis, dan terus menulis stelah itu  pengunjung akan berbondong-bondong datang. Ternyata itu sangatlah SALAH BESAR


Saat ini blog Dherma yang sudah memiliki ratusan artikel ini dan sudah saya kelola berbulan-bulan hanya mendatangkan 90 - 130 visitor perhari. Itu sangatlah jauh dari target saya untuk mendatangkan 500 visitor per hari. Artikel yang Sangat buruk juga jarangnya mempromosikan blog adalah faktor utama. Buat apa atikel banyak? Buat apa update blog setiap jam? jika tidak ada pengunjung blog yang datang. Saat ini pun saya masih menyesali kenapa saya tidak memikirkan hal ini saat awal - awal saya mulai menekuni dunia blog ini.


Artikel saya yang sudah ratusan ini mau saya apakan, kalau saya tidak meneruskan menulis lagi. Setelah semua kesalahan yang saya buat saat ini, saya memantapkan niat untuk terus mengelola blog ini. Mulai hari ini dan detik ini juga akan saya perbaiki tulisan saya yang tidak karuan ini dan saya akan terus menulis dengan blog ini. Target saya harus bisa tercapai.


Semoga kesalahan-kesalahan saya ini tidak terulang kepada sobat yang masih awal-awal menekuni dunia blog yang menurut saya keras ini. Untuk itu akan saya tuliskan beberapa kesalahan-kesalahan seorang blogger pemula yang HARUS dihindari yang notabene adalah kesalahan yang saya lakukan watu awal-awal menekuni dunia blog ini.


1. Tidak Bisa Menulis

Semua orang memang bisa menulis, bahkan anak yang masih duduk di Taman 
Kanak-Kanak juga sudah bisa menulis. Yang saya maksud tidak bisa menulis disini adalah tentang kualitas. Untuk awal awal saya mulai nge-blog ini adalah hal yang sangat tidak saya perhatikan, padahal jika suatu blog memiliki kualitas artikel yang bagus akan langsung berefek pada ramainya pengunjung yang datang karena artikel yang berkualitas akan cepat terindek oleh mesin pencari, dan tentu pasti banyak pengunjung blog yang betah berlama-lama membaca artikel sobat. Untuk sobat yang memang tidak pandai menulis, jangan khawatir, dengan terus menulis dengan media blog ini, kemampuan menulis sobat juga akan semakin terasah tentu hal ini juga dibarengi dengan niat untuk terus memperbaiki.

2. "Buat Apa Promosi?"

Banyak paa blogger pemula yang mempunyai Pikiran seperti ini, padahal promosi adalah cara ampuh untuk mendatangkan pengunjung ke blog sobat. Jika para blogger pemula tidak memperhatikan hal ini, tentu pengunjung akan lama datangnya. Bagaimana tidak, orang blog baru saja dibuat, belum tentu juga sudah terindek mesin pencari. Tetapi hati-hati jika mempromosikan blog yang sobat miliki. Promosikanlah blog sobat pada tempatnya. Maksudnya, jangan mempromosikan blog pada tempat yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan blog sobat, karena di dunia ini banyak sekali orang yang jahil, mereka bisa saja meletakkan visitor robot ke dalam blog sobat. Sangat berbahaya jika blog sobat di datangi oleh pengunjung robot. karena bisa dipastikan blog sobat tidak akan bisa terindek oleh mesin pencari dan yang paling parah, pihak Google tidak segan segan menendang blog sobat jauh-jauh atau bahasa kerennya blog sobat akan di Banned, jadi pintar-pintarlah berpromosi.

3. Plagiat Artikel Orang Lain

Untuk yang ini, saya sangat yakin untuk seseorang yang baru pertama kali terjun ke dunia blog pasti pernah melakukan kegiatan salin tempel atau Copy Paste. Copy Paste memang memberikan kemudahan tersendiri kepada Penulis blog. Penulis tidak perlu memikirkan mau update artikel apa, tidak perlu mengetik, tidak perlu capek tingal blok dan CTRL + C sudah beres :D . Para blogger pemula tentu belum mengerti efek yang akan diterima jika melakukan kegiatan copy paste ini, yang mereka tahu adalah mengkopi artikel orang dan mempublikasikannya kedalam blog. Kegiatan ini sangat sangat Fatal untuk seorang blogge, seorang blogger dituntut untuk memiliki jiwa oroginalitas. Jika blog sobat semuanya berisi artikel-artikel salin tempel, tunggu saja operasi dari pihak Google, jika blog sobat masuk kriteria blog plagiat, tentu blog sobat akan di banned oleh pihak Google.

4. Blogging = Uang

Bukan tidak lagi, sekarang ini banyak orang-orang yang beralih profesi menjadi seorang blogger karena alasan satu ini, ya! Uang. Para blogger yang masih pemula sebagian besar dari mereka tidak berfikir panjang misalkan berfikir untuk mendatangkan pengunjung, membuat artikel berkualitas ataupun harus memikirkan hal-hal yang bisa mendatangkan uang lainnya. Yang rata-rata para blogger pemula adalah membuat artikel, pasang iklan dan uangpun akan mengalir dengan sendirinya. Hal ini sangatlah tidak dibenarkan para penyedia iklan juga tentu memiliki kriteria unuk blog yang akan mereka percaya, saya tidak tahu kalau iklan yang abal-abal yang sangat tidak menjanjikan uang. Jadi jika tujuan para blogger pemula nge-blog untuk mendapatkan uang adalah pikirkan dengan matang-matang, persiapkan dan baru memulainya. jika ini sudah dimiliki, tentu suatu saat blog tersebut akan menghasilkan dolar seperti tujuan.

Tidak ada kata terlambat sob, saya juga hampir putus asa. Tetapi saya sadar saya harus berubah. Semoga kesalahan kesalahan para blogger pemula di atas yang juga pernah saya lakukan bisa menjadi sebuah plajaran bagi sobat yang baru saja memasuki dunia blog ini. Jangan terburu-buru, santai saja, perbaiki dan nikmati. itu adalah kata-kata yang saya gunakan untuk terus bersemangat nge-blog. Saya pernah jatuh ke dalam lubang tersebut, dan kali ini saya tidak akan kembali jatuh pada lubang yang sama. Happy blogging guys.
Silahkan share artikel ini kepada teman-teman sobat di Facebook, Twitter ataupun Google+ jika menurut sobat bermanfaat. Terimkasih.


Previous
Next Post »